Raja Silahi Sabungan

-Pinggan Matio Br.PadangBatang Hari
1. Loho Raja
2.Tungkir Raja
3. Sondi Raja
4. Butar Raja
5. Dabariba Raja
6. Debang Raja
7. Batu Raja

-Nailing Boru Nairasaon
8. Tambun Raja

*Putri : Deang Namora

PODA SAGU-SAGU MARLANGAN


Share This









HAMU ANAKKU NA UALU

1. INGKON MASIHAHOLONGAN MA HAMU SAMA HAMU RO DI POMPARANMU, SISADA ANAK SISADA BORU NA SO TUPA MASIOLIAN, TARLUMOBI POMPARANMU NA PITU DOHOT POMPARAN NI SI RAJA TAMBUN ON.

2. INGKON HUMOLONG ROHAMU NA PITU DOHOT POMPARANMU TU BORU POMPARAN NI ANGGIMU SI RAJA TAMBUN ON, SUWANG SONGON I NANG HO RAJA TAMBUN DOHOT POMPARANMU INKON HUMOLONG ROHAM DI BORU POMPARAN NI HAHAM NA PITU ON.

3. TONGKA DOHONONMU NA UALU NA SO SAAMA SAINA HAMU TU PUDIAN NI ARI.

4. TONGKA PUNGKAON BADA MANANG SALISI TU ARI NA NAENG RO
5. MOLO ADONG PARBADAAN MANANG PARSALISIHAN DI HAMU, INGKON SIAN TONGA – TONGAMU MASI TAPI TOLA, SIBAHEN UMUM NA TINGKOS NA SOJADI MARDINKAN, JALA NA SO TUPA HALAK NA HASING PASAEHON.

4 Responses so far.

  1. Unknown says:

    opung silahisabungan membawa siapudannya si tambun raja ke tolping,
    namun dia sembunyi sembunyi agar tidak diketahui istri pertamanya yaitu op. pintahomasan,
    Op Silahisabungan selalu makan sendiri dan memberi siapudannya itu air beras sebagai pengganti susu,
    namun dengan kebiasaan Nya, op. Pintahomasan curiga dan akhirnya mengetahui bahwa Silahisabungan membawa seorang bayi, op.pintahomasan tidak marah dan mengatakan , "jadi tambu tambu ma on di au" dengan perkataan itu maka bayi tersebut diberi nama tambun Raja dan ia lantas berdoa pada yang maha kuasa agar air susu nya ada kembali agar dapat menyusui si Tambun Raja, tidak lama berselang doa nya terkabull dan dapat menyusui si Tambun Raja, setelah remaja tambun raja dibawa oleh op.silahisabungan ke Paropo tempat 7 turpuk, disitulah permasalahan terjadi, 7turpuk ingin melakukan percobaan pembunuhan kepada anggi nya , lalu si tambun raja mengadu ke bapak nya silahisabungan dan peristiwa itu maka jadi lah perjanjian poda sagu-sagu marlangan ..
    itu yang saya ketahui dari bapak, opung dan opung buyut ku ..

  2. Kisah sejarah ini juga diragukan. Hanya sepemggal cerita dari orang-orang tetdahulu, generasi terdahulu yang sarat dengan rekayasa untuk kepentingan politik dan kekuasaan, konspirasi kepentingan ekonomi sebuah rezim dengan oknum2 generasi dari sebagian keturunan marga Raja Silahi Sabungan sendiri. Raja Silahi Sabungan dari Istri Pertamanya Pintahaomasan Boru Baso Nabolon, punya anak bernama : Silahi Raja (Silalahi) dan menikah lagi dengan istri keduanya : Similingiling Putri Raja Mangarerak dan punya anak bernama : Raja Tambun. Bukan Tambun Raja. Sedangkan yang merantau ke Dairi dan menikah dengan putri Raja Pakfak, Pinggan Matio Berru Matanari adalah dari generasi cucunya, bukan Raja SilahiSabungan. Tetapi keturunan dari Silalahi (Silahi Raja). Meski ini masi pro dan kontra tetapi jejak sejarah masib bisa di urai dari SilsilaH/Tarombo Raja Batak, Tarombo dan sejarah Raja Pakpak Dairi.atau dari sejarah Raja-Raja Batak di masa lalu, mulai dari Dinasti Kerajaan Sorimangaraja, Dinasti Sisingamangaraja, Dinasti Kerajaan Wampu di Karo, Kerajaan Nagur di Simalungun.

  3. Kalau TDK ada bukti yg autentik berarti semua klaim siakang an hanya utk ukurannya hanya utk Ego..sehingga menciptakan kedengkian , permusuhan , pertengkaran..., Yg merusak dalihan natolu,

  4. Unknown says:

    Gk kn bisa selesai klau trus beragumen sendri

Leave a Reply

Raja Silahisabungan