Raja Silahi Sabungan

-Pinggan Matio Br.PadangBatang Hari
1. Loho Raja
2.Tungkir Raja
3. Sondi Raja
4. Butar Raja
5. Dabariba Raja
6. Debang Raja
7. Batu Raja

-Nailing Boru Nairasaon
8. Tambun Raja

*Putri : Deang Namora

PODA SAGU-SAGU MARLANGAN


Share This

HUTA LAHI
Huta Lahi adalah nama sebuah desa yang yerletak di Kecamatan Silahisabungan kabupaten Dairi, Sidikalang. Huta Lahi merupakan kampung/desa yang pertama sekali dipukka oleh Raja Silahisabungan pada zaman itu. Dewasa ini menyatakan bahwa di Huta Lahi (Silalahi Nabolak) banyak keturunan Raja Silahisabungan yang berdomisili.









TUGU MAKAM RAJA SILAHISABUNGAN (TUMARAS) 
TUMARAS adalah singkatan dari Tugu Makam Raja Silahisabungan. Seperti yang kita ketahui, Tugu & Makam Raja Silahisabungan terletak di Silalahi Nabolak. TUMARAS diresmikan pada tanggal 23-27 NOVEMBER 1981 oleh seluruh Pomparan Raja Silahisabungan. Pada peresmian tanggal 24 Nopember yang lalu (1981) , perencana teknik pembangunan tugu/makam tersebut yakni Ir. Parlindungan Silalahi Sondi Raja memberikan penjelasan yang konkrit mengenai bentuk dan arti dari tugu/makam tersebut.










PODA SAGU-SAGU MARLANGAN
  • Ingkon masihaholongan hamu sama hamu sahat ro di pomparan muna ( kalian putera saya yang delapan orang harus saling mengasihi sampai pada keturunan kalian).
  • Naso tupa dohonon muna na so saama saina hamu na pitu dohot si Tambun Raja on jala inkon sisada anak sisada boru do hamu (Kalian puteraku yang tujuh orang dari Loho Raja sampai Batu Raja, tidak boleh mengatakan bahwa kalian bukan satu bapak dan satu ibu dengan Tambun Raja. Kalian delapan orang harus mengaku menjadi bapak terhadap semua anak laki-laki dan perempuan keturunan kalian).
  • Hamu napitu dohot angka pinomparmu ingkon humolong rohamu diboruni anggi muna si Tambun Raja ro di pomparanna, jala ho pe Tambun Raja dohot sandok pomparanmu, ingkon humolong roham di boru ni angka hahami dohot pomparanna (kalian puteraku yang tujuh orang dan semua keturunan kalian harus lebih mengasihi puteri Tambun Raja dengan keturunannya, demikian juga engkatu Tambun Raja harus lebih mengasihi puteri abangmu yang tujuh orang berikut keturunannya).
  • Naso jadi olion ni pomparanmu napitu pomparanni anggimu si Tambun Raja on, jala naso jadi olion ni pomparan ni si Tambun Raja pomparan ni haham na pitu on (keturunan dari puteraku yang tujuh tidak boleh saling mengawini dengan keturunan Tambun Raja).
  • Naso tupa pungkaon muna bada mangan salisi. Ia adong parbadaan di hamu na pitu sahat ro di pomparan muna sandok ingkon anggi muna manang pomparanna si bahen dame di hamu, mambaen uhum na tingkos jala naso boi mardingkan ingkon oloan jala tung so jadi juan muna, laos songoni do ho Tambun Raja ia adong parbadaan di pomparanmu sandok ingkon sian pompran ni haham na pitu on ma sibaen dame jala sidabu uhum na tingkos na so tupa mardingkan, jala naso jadi juaon muna, jala molo adong parbadaan dihamu naso tupa halak na asing pasaehon (tidak satu orang pun di antara kalian puteraku yang boleh memulai persilisihan. Namun jika ada perselisihan di anttara puteraku yang tujuh orang sampai keturunannya, maka penengah harus dari keturunan Tambun Raja yang akan memberikan putusan yang adil dan tidak memihak yang harus dipatuhi, sebaliknya juga dengan Tambun Raja).







BATU SIGADAP atau BATU PENGADILAN
yaitu berupa dua buah batu keramat yang dipercayai mempunyai kekuatan mistik. Batu ini berbentuk memanjang dengan posisi, satu berdiri (jongjong) dan satu lagi tergelatak (gadap). Oleh penduduk Desa Silalahi, kedua batu tersebut dinamakan batu Sijongjong dan batu Sigadap, batu ini disebut Batu Panungkunan. Hingga sekarang batu ini masih masih ada dan dipercaya kebenarannya. Apabila kebenaran dan ketidakbenaran seseorang hendak diuji, maka dibawalah orang tersebut datang ke batu tersebut. Seseorang yang berani meletakkan sirih di kedua batu ini dan ingi nmengetahui kebenaran dan ketidakbenarannya dalam suatu perkara, maka apabila dia benar maka dia akan selamat seperti batu yang berdiri, namun apabila dia bersalah , dia akan gadap alias mati.






 RUMAHBOLON RAJA SILAHISABUNGAN
Rumah bolon adalah tempat tingal. Rumah Bolon inilah tempat tinggal Raja Silahisabungan pertama sekali yang dibangun oleh beliau.













AEK SIPAULAK HOSA
Aek sering juga orang mengatakannya Mual, yang artinya Air. AEK SIPAULAK HOSA adalah Air Pelepas Dahaga/Capek. Aek sipaulak hosa ini terdapat tepat diperbukitan gunung yang ada di Desa Silalahi, yaitu Silalahi Nabolak. Menurut Turi-turian dan Cerita Rakyat, Aek sipaulak hosa ini terjadi akibat Permohonan/Permintaan Raja Silahisabungan kepada Debata Mulajadi Nabolon (Tuhan Yang Maha Esa) karena Istrinya Pinggan Matio boru Padangbatanghari merasa letih seakan kehabisan tenaga di tengah perjalanan saat bersama Raja Silahisabungan.










 TAO SILALAHI
Tao silalahi merupakan tao terlebar dan terluas di aliran Danau Toba, dengan pemandangan yang begitu mempesona dan menarik perhatihan banyak orang. Tao silalahi sering disebut tao naso boi ni habangan ni lali, yang artinya "tao silalahi tidak dapat diseberangi oleh burung Rajawali" sangkin luasnya. Konon ceritanya, kalau kita melintasi tao silalahi tersebut, kita tidak boleh sembarangan dalam hal apapun, baik dari segi perkataan, dan membuang kotoran. sebab, akan menimbulkan bencana.

Leave a Reply

Raja Silahisabungan