Raja Silahi Sabungan

-Pinggan Matio Br.PadangBatang Hari
1. Loho Raja
2.Tungkir Raja
3. Sondi Raja
4. Butar Raja
5. Dabariba Raja
6. Debang Raja
7. Batu Raja

-Nailing Boru Nairasaon
8. Tambun Raja

*Putri : Deang Namora

PODA SAGU-SAGU MARLANGAN


Share This

TUGU MAKAM RAJA BUNGA-BUNGA gelar RAJA PARMAHAN DI SILALAHI DOLOK, Pagar BATU (BALIGE)


 

TAROMBO MARGA SILALAHI PARMAHAN

Dari berbagai sumber umum yang ada di Silalahi Nabolak, asal usul marga Silalahi berasal dari Raja Parmahan, klan Sondi Raja (Rumasondi), cucu Raja Silahisabungan dari turpuk Sondiraja.Raja Bunga Bunga yang diambil paksa oleh Tuan Sihubil, putra Sibagotni Pohan, yang diutus untuk menemui Raja Silahisabungan untuk diminta ke Balige oleh Sibagotni Pohan. Sibagotni Pohan merupakan kakak tertua dari Raja Silahisabungan, Sipaittua dan Siraja Oloan. Raja Silahisabungan tinggal di Huta Lahi disebut juga Silalahi Nabolak.



Tuan Sihubil kemudian dinobatkan sebagai penggati Sibagotni Pohan yang telah tua sebagai pemimpin keturunan Sibagotni Pohan di Lumban Gorat, Balige. Sebagai tanda hubungan darah/Ikatan Sumpah dihadapan Sibagotni Pohan atau sering disebut PADAN NI RAJA, keturunan antara Sibagotnipohan dan Silahisabungan, Tuan Sihubil kemudian mengangkat Raja Bunga Bunga sebagai anaknya dan menggati namanya menjadi Raja Parmahan. Tuan Sihubil kemudian memberi marga SILALAHI kepada Raja Parmahan. Sebelumnya, Tuan Sihubil belum memiliki keturunan (anak). Namun tidak lama, Tuan Sihubil kemudian mendapatkan keturunan dan digelarinya marga Tampubolon. Kelak, Tampubolon disandingkan dengan Silalahi (padan) sebagai kakak-adik di Balige. Itu sebabnya di Balige, Silalahi dan Tampubolon tidak diijinkan saling mengawini.


Raja Parmahan Silalahi
Raja Parmahan kemudian tinggal di Balige, ulayat yang diberikan Tuan Sihubil kepadanya dibangunlah kampung Silalahi di Hinalang, Balige. Raja Parmahan kemudian menikahi Boru Pasaribu sebagai istri (parsondukbolon). Menurut turi-turian (dan ini telah diabadikan pada Tugu Makan Raja Parmahan Silalahi di Silalahi Balige), Raja Parmahan Silalahi mempunyai empat keturunan yang diberikan yang dinamainya menurut marga saudaranya di Huta Lahi ( sekarang : Silalahi Nabolak ). Keturunan Raja Parmahan diantaranya : Sihaloho, Sinagiro, Sinabang dan Sinabutar. Saat ini, diantara mereka juga banyak memakai marga Silalahi, setelah dianjurkan pada peresmian Tugu Makam Raja Silahi Sabungan si Silalahi Nabolak, dengan tujuan tidak "nyaru" dengan marga-marga lainnya di Silalahi Nabolak.

Selain telah diabadikan pada Tugu Makam Raja Silahi Sabungan di Sialahi Nabolak,  maka pada buku "Kamus Budaya Batak Toba" karangan M.A. Marbun dan I.M.T. Hutapea, terbitan Balai Pustaka, Jakarta, 1987, diuraikan Tarombo keturunan Raja Silahi Sabungan adalah sebagai berikut :


(1) Urutan Keturunan Raja Silahisabungan ialah :

  • Laho Raja , keturunannya : Sihaloho.
  • Tungkir Raja, keturunannya : Situngkir, Sipangkar, Sipayung.
  • Sondi Raja, keturunannya : Ruma Sondi, Rumasingap, Silalahi, Sihaloho, Sinabutar, Sinabang, Sinagiro,Naiborhu, Nadapdap, Sinurat, Dolok Saribu.
  • Butar Raja, keturunannya : Sidabutar.
  • Bariba Raja, keturunannya : Sidabariba
  • Debang Raja : Sidebang
  • Baturaja : Pintubatu, Sigiro.
  • Tambun Raja : Tambun, Tambunan
Catatan :
Hal ini senada dengan apa yang tertera di Tugu Makam Raja Silahi Sabungan di Silalahi Nabolak. Nama-nama yang tertera di Makam/Tugu Raja Silahi Sabungan di Silalahi Nabolak adalah ke-8 Raja turpuk, yaitu : Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Bariba Raja, Debang Raja, Batu Raja, Tambun Raja.


Sedangkan marga keturunan 8 Raja Turpuk lainnya tidak tertera lagi karena mereka adalah turunan dari ke depalan (8) anak Raja Silahi Sabungan dan bukan terlahir dari  Silalahi Nabolak. Seperti : Sipangkar, Sipayung, Silalahi, Sinurat, Doloksaribu, Nadapdap, Sinabutar, Sinabang, Naiborhu, Tambun, Tambunan, Daulay, Keloko, Sinulaki, Sinupayung, Sinupangkar

(2) Keturunan Rumasondi, anak Sondi Raja ialah :

  • Bolon Raja
  • Raja Parmahan (di Hinalang Balige dinobatkan marga Silalahi dan memiliki padan dengan marga Tampubolon , keturunan Tuan Sihubil).
(3) Keturunan Tambun Raja ialah :

  • Tambun Mulia
  • Tambun Saribu
  • Tambun Marbun.
Kemudian Tambun Mulia menurunkan keturunana Tambun Uluan dan Tambun Holing. Keturunan Tambun Uluan umumnya memekai marga marbun. Sedangkang Tambun Holing membukan kampung Tambunan, sehingga keturunannya umumnya memakai marga Tambunan. Sebagaimana huta Tambunan yang terbagi tiga, yaitu : Pagaraji, Baruara dan Lumbanpea, marga Tambunan juga kemudian dibedakan menurut kampung mereka, yaitu : Tambunan Pagaraji, Tambunan Baruara dan Tambunan Lumbanpea.
Ketika Tambun Raja kembali dari Silalahi Nabolak ke Sibisa, disana ia diberi gelari oleh pamannya (klan Raja Mangarerak Nairasaon ) dengan gelar Raja Itano. Dari gelar itu kemudian keturunannya kadang menyebut Tambun Raja menjadi Siraja Tambun. Hanya saja , di Silalahi Nabolak ia tetap di sebut Tambun Raja.

(4) Keturunan Raja Parmahan (Marga Silalahi) ialah :

  • Sihaloho
  • Sinagiro, keturunannya marga Naiborhu
  • Sinabang
  • Sinabutar, keturunannya memakai marga : Sinurat, Nadapdap, Dolok Saribu
Setelah dianjurkan pasca peresmian Tugu Makam Raja Silahi Sabungan di Silalahi Nabolak , keturunan ini kemudian banyak memakai marga Silalahi , yang keturunannya menyebar sampai ke Pangururan Samosir dan Batak Timur ( Simalungun ).  Saat ini, sudah didirikan  Tugu-Makam Raja Parmahan Silalahi di Desa Hinalang Silalahi, Balige.


Pahatan Tarombo Raja Bunga-bungan alias Raja Parmahan
pada Tugu Makam Raja Parmahan Silalahi
di desa Silalahi Hinalang , Pagarbatu, Balige.


Dikutip dari berbagai Sumber

13 Responses so far.

  1. Ibu saya Boru Silalahi tapi garis keturunan dari ibu saya sudah terputus sejak lama. dari kecil saya binggung mengapa tak seorangpun Saudara-saudara dari ibu saya tak ingin mencari tau mengapa hal itu bisa terjadi?
    setelah beberapa tahun ini saya baru mengetahui ternyata 4 keturunan sebelum saya ada melakukan kesalahn besar sehingga mereka terbuang dari silsilah atau adat. ya..opung dari ibu saya menikahi padan nya sendiri, dan mereka di usir dari kampung mereka.dan akhir nya keturunan kami beragama muslim sampai sekarang.
    pertanyaan saya bisakah hubungan terputus dahulu dicari dan diperbaiki kembali??

  2. Unknown says:

    diperbaiki bisa, dengan melakukan pertemuan adat dengan raja silalahi dan keturunan dari delapan keturunan silalahi sabungan

  3. Dua pernyataan yg berbeda dalam sebuah TULISAN,
    Sondi Raja, keturunannya : Ruma Sondi, Rumasingap, Silalahi, Sihaloho, Sinabutar, Sinabang, Sinagiro,Naiborhu, Nadapdap, Sinurat, Dolok Saribu.(2)

    Keturunan Rumasondi, anak Sondi Raja ialah :

    Bolon Raja
    Raja Parmahan (di Hinalang Balige dinobatkan marga Silalahi dan memiliki padan dengan marga Tampubolon , keturunan Tuan Sihubil).
    Semestinya
    Sondi Raja, keturunannya : Ruma Sondi, Rumasingap, Silalahi,(mewakili Raja Bunga-Bunga/Raja Parmahan) Sihaloho, Sinabutar, Sinabang, Sinagiro,Naiborhu, Nadapdap, Sinurat, Dolok Saribu.(2)

    Bandingkan dengan yg ini.
    Juni 19, 2012
    Dari berbagai sumber umum yang ada di Silalahi Nabolak, asal usul marga Silalahi berasal dari Raja Parmahan, klan Sondi Raja (Rumasondi), cucu Raja Silahisabungan dari turpuk Sondiraja.Raja Bunga Bunga yang diambil paksa oleh Tuan Sihubil, putra Sibagotni Pohan, yang diutus untuk menemui Raja Silahisabungan untuk diminta ke Balige oleh Sibagotni Pohan. Sibagotni Pohan merupakan kakak tertua dari Raja Silahisabungan,
    Sebaiknya meneliti dulu sebuah Tulisan sebelum dibagikan atau diposting ke media.

  4. Unknown says:

    Masa sihaloho ada dua.. Kalau diliat Dari silsilah Diatas aneh gak

  5. Unknown says:

    Karena karena opung kami berada di Balige di ambil kembali nama oppung nya..agar tetap ingat sejarah..kira" begitu mksdnyN

  6. Unknown says:

    Gak anehnya itu... Nama Sihaloho itu dibuat utk mengingat Opungnya di Silalahi Nabolak

    Maaf.... Anda Marga Silalahi kah?

  7. Unknown says:

    Siapa yg membuat silsilah raja bunga"/raja parmahan terhadap tampubolon??? Tolong diperbaiki ea, yg betol adalah sapalatua tampuk nabolon yg mempunyai anak 3 orng yakni silarn, barimbing san tampubolon. Smoga dapat diterima. Agar kelak anak cucu kita jgn salah terhasapt keturunan tuan sihubil🙏🙏🙏🙏

  8. Ga dikenal silalahi marga silaen dan barimbing, makanya bagusi tarombomu,anak sapalatua tampuknabolon 3
    1.Raja Mataniari
    2.Raja Niapul
    3.Raja siboro
    Sapalatua tappuknabolon itu pengucapannya tampubolon, semua marga keturunan sipagotni pohan di balige dan anggidoli silalahi di balige taunya tappubolon anaknya tuan sihubil

  9. Marco says:

    Izin bertanya
    Sinabariba kan masuk kedalam Silahisabungan.
    Apakah Sinabariba bisa menikah dengan Sitompul?
    Terimakasih

  10. Unknown says:

    Ini 100% keturunun sapala tua tappuknabolon.RM,RN,RS..kita generasi melenial jgn sampi lupa dgn tarombo.gbu

  11. Unknown says:

    Saya Br sinabariba.apakah sinabariba bisa menikah dengan Br Tampubolon?

  12. Seharusnya tidak bisa. Tetapi sekarang ini sudah bermacam2 versi alasan yg "membisakkan" pernikahan dengan padan/dongan saboltok. Sudah banyak dipake orang prinsip " ittak do lappet, ito do hallet".

Leave a Reply

Raja Silahisabungan